Selasa, 24 Januari 2012

Pengenalan Tumbuhan

Di dunia dikenal berbagai macam makhluk hidup yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Ada manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik (mikroba). Pertumbuhan makhluk hidup di dunia tidak dengan begitu saja harus melalui suatu proses yang cukup lama.

Tumbuh dan berkembang serta ber-reproduksi merupakan ciri – ciri dari makhluk hidup. Tidak hanya itu memerlukan makanan, bernafas, bergerak, dan peka terhadap ransang juga merupakan ciri – ciri umum dari makhluk hidup
Pertumbuhan dan perkembangan memiliki definisi yang berbeda :
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran, berat (volume) yang ditandai dengan pertambahan panjang dari suatu makhluk hidup, pertumbuhan bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula) dan kuantitatif (dapat diukur).
                        SEDANGKAN
Perkembangan adalah suatu proses dari suatu organisme muda menuju keadaan yang lebih dewasa (matang secara seksual sehigga dapat melakukan reproduksi), dan bersifat kualitatif (tidak dapat diukur)

Di dunia masyarakat kita sering mendengar tentang tanaman dan tumbuhan, sejenak kita berpikir bahwa itu sama, ternyata konsep tanaman dan tumbuhan berbeda Tumbuhan yang telah dibudidayakan kita kenal sebagai tanaman misalnya tanaman pangan, tanaman perkebunan, tanaman sayuran dan buah – buahan (hortikultura),tanaman hias dan lain-lain. Tumbuhan dikategorikan sebagai flora asli alami yang masih liar sedangkan tanaman  adalah tumbuhan yang telah dijinakkan atau yang telah direkayasa oleh manusia sehingga memiliki nilai aspek guna laksana yang lebih baik.
Tumbuhan juga dikenal sebagai mesin biologis karena di dalam tumbuhan terjadi proses metabolisme diantaranya fotosintesis yang terjadi pada siang hari. Bahan sandang,papan,pangan dan lainnya berasal dari tumbuhan yang merupakan hasil fotosintesis. Kenapa disebut sebagai mesin? Sama seperti mesin biasanya yang menghasilkan produk, tumbuhan juga bisa mengolah zat – zat dari sinar matahari menjadi sebuah makanan (produk) yang berguna untuk kesejahteraan makhluk hidup lainnya.

Tumbuhan memiliki beberapa peranan penting untuk manusia ,berikut adalah beberapa peranan penting dari tumbuhan :
-          Sebagai alat perantara pemenuh kebutuhan energi
     Pemenuhan kebutuhan energi sangat dibutuhkan sebagai bioenergi dalam metabolisme tubuh, adapun jika bioenergi habis tubuh dapat melemah bahkan lemas karena terpakai untuk menghambat penurunan dan habisnya energi, semua itu karena adanya gangguan (hambatan) atau kerusakan. Dari proses semua itu dibutuhkan penambahan energi yang diperoleh dari makanan dan minuman (Tumbuhan), begitu pula seperti pemenuhan kebutuhan bioenergi seperti: Matahari memberikan energi pada tumbuh-tumbuhan.


-          Untuk melengkapi kekurangan mineral yang dibutuhkan manusia
       Pemenuhan kebutuhan mineral pada manusia, dimana manusia itu sendiri terdiri dari unsur oksigen, karbon, nitrogen, kalsium, fosfor, halium, iodin, sulfur, natrium, magnesium, besi, florin, silikon dan lain-lain. Unsur-unsur tadi sangat diperlukan agar manusia itu tetap sehat dan dibutuhkan unsur yang sama dengan pembentuknya. Yang diperoleh dari makanan dan minuman atau tumbuhan yang bisa merubah unsur anorganik menjadi organik.


-           Sebagai penyeimbang sistem metabolisme tubuh
    Kehidupan Manusia tidak lepas dari proses biologik atau proses Fisikokimia yakni memberikan fenomena kehidupan seperti perkembangan (tumbuh), reproduksi, evolusi, diferensiasi, serta metabolisme lainnya. Proses tadi terjadi karena adanya mekanisme hukum alamiah untuk mencapai keserasian reseultatif otomatik (Keseimbangan Sibernetika). Keseimbangan Sibernetika terjadi karena latar belakang Fisikokimia yang berupa substansi yang bersifat komplementer (tesa, antitesa untuk mencapai sintesa), substansi tersebut antara lain : Inisiator, promotor, inhibitor, terminator dll. Yang terdapat pada tumbuhan. Dengan perlakuan mempengaruhi substansi dimungkinkan membuat Sibernetika dalam kondisi Sakit (Mal Adaptasi) atau Sehat (EU Adaptasi).

-          Untuk kesehatan (Pengobatan)
Peran tumbuhan untuk kesehatan itu sendiri sebagai Pencegahan (Preventif), Peningkatan (Promotif), Pengobatan (Kuratif), Pemulihan (Rehabilitatif). Contohnya, lidah buaya untuk melebatkan rambut, jahe untuk obat masuk angin.


ini merupakan salah satu cara rekayasa perbanyakan tanaman

Perbanyakan tanaman di zaman Globalisasi yang sedang ramai saat ini adalah Kultur Jaringan dan Rekayasa Genetika.
Rekayasa Genetika adalah cara untuk menciptakan individu baru yang mempunyai sifat-sifat sesuai yang diinginkan dengan cara menggabungkan atau mencangkokkan gen dari mikroorganisme atau tanaman lain ke suatu tanaman yang dikehendaki.
Contoh : Golden rice
                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar