Rabu, 25 Januari 2012

Pemasaran Agribisnis


Pemasaran merupakan sebuah titik tengah pertemuan antara produsen dan konsumen.
Di pemasaran inilah terjadi sebuah kesepakatan produk dan harga oleh kedua belah pihak tersebut
Pemasaran sendiri memiliki beberapa fungsi dan peranan :
-          Untuk mendistribusikan produk tersebut hingga samapai ke tangan konsumen
-          Tempat terjadinya sebuah kesepakatan
-          Memenuhi kebutuhan produsen dan konsumen
-          Membantu produsen memahami apa kebutuhan konsumen
-          Membantu produsen memutuskan apa yang diproduksi dan kapan harus diproduksi

Berikut adalah penjelasan dari beberapa pertanyaan tentang Pemasaran Agribisnis

1Bagaimana menanggulangi bila terjadi keterlambatan dalam produksi ?
Sebagai seorang produsen yang memiliki suatu usaha dalam Agribisnis, kita harus mengemas secara bagus agar selama di perjalanan tidak akan mengalami kerusakan – kerusakan. Pasti di setiap perusahaan punya kiat- kiat tersendiri untuk bisa memecahkan masalah tersebut
 
2  Apa yang harus dilakukan untuk memilimalisir kerugian bila produk/ barang yang kita produksi tidak laku ?
Di dalam dunia Agribisnis, produsen harus melakukan ancang- ancang dan jika terjadi kerusakan contohnya, pada buah maka si produsen tidak bisa berbuat apa –apa lagi dan itu sudah merupakan sebuah resiko yang dari sejak awal sudah berani diambilnya
 
3  Apa saja contoh real Monopolistik & Oligopolistik ?

Kompetisi Monopolistik
o   Ada banyak pembeli dan penjual
o   Cukup mudah untuk masuk dan keluar pasar
o   Terdapat cara untuk melakukan difernsiasi produk
Contoh : Barang” jasa yang sudah lebih dipercayai oleh masyarakat
 
Kompetisi Oligopolistik
o   Ada sedikit perusahaan besar
o   Tindakan satu perusahaan dapat mempengaruhi level produksi dan harga di dalam pasar
o   Kompetisi dilakukan melalui diferensiasi produk
o   Perusahaan yang ada berusaha menghindari kompetisi berdasarkan harga
Contoh : di satu wilayah ada dua toko yang menawarkan produk/jasa yang sama, makan akan terjadi persaingan ketat
 
4.  Bagaimana cara menentukan harga dalam agribisnis jika terjadi fluktuasi harga ?
Kita sebagai produsen /pemasar tidak boleh sembarang menentukan harga semaunya karena pemerintah sudah punya penetapan harga tetinggi dan terendah. Dan semua itu penentuan harga juga melihat kondisi , seperti contoh saat menjelang lebaran, harga kebutuhan dapur pasti otomatis akan meningkat tetapi harus tetap melihat penetapan harga oleh pemerintah
 
5.  Bagaimana cara produsen memenuhi permintaan konsumen saat terjadi musim kering ?
Produsen dapat memainkan harga karena pasti akan terjadinya kelangkaan, produsen juga dapat mengimpor dari luar negeri untuk tetap dapat memnuhi permintaan para konsumen, atau juga dapat mengganti dengan barang lain (subtitusi) contohnya : karena kelangkaan cabe maka diganti dengan pemakaian cabe bubuk
 
6.  Apa pentingnya promosi ?
Promosi merupakan langkah untuk mengenalkan produk apa yang kita tawarkan. Promosi juga penting dalam pemasaran karena tanpa adanya promosi produsen tidak akan pernah tahu produk apa yang diminati oleh konsumen
 
7.  Berikan contoh pemasaran modern saat ini ?
Teknik pemasaran yang saat ini maju adalah dengan melakukan promosi lewat internet atau yang lebih dikenal dengan istilah online-shop, Karena dengan begitu cakupan 0promosi dapat terjad tanpa batasan tempat dan waktu
 
8.  Mengapa pola pemasaran dalam agribisnis dalam pendistribusian produk harus cepat dilaksanakan ?
Karena dalam Agribisnis barang yang dipasarkan cepat rusak sehingga harus cepat didistribusikan dan perlu kehati- hatian dalam pendistribusian barang
 
9. Apa saja strategi pemasaran yang sukses? Apakah saat ini sudah terapkan ?
Strategi – strategi pemasaran yang sukses dapat dilihat dari seberapa besarnya perusahaan tersebut berdiri. Contohnya: Perusahaan yang kecil kurang laris, dan pemasarannya kurang luas. Dan jika perusahaan tersebut besar maka strategi pemasarannya pun otomomatis tidak diragukan lagi.
 
 
10.  Bagaimana cara agar produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri ?
Untuk produk di dalam negeri bisa melakukan cara penurunan harga tetapi tetap dengan kualitas yang tidak rendah. Karena dengan produk yang kualitasnya rendah konsumen otomatis tidak akan tertarik.
 
11.  Dalam suatu perusahaan produksi pasti akan bekerjasama dengan Perusahaan Pengolah. Bagaimana cara mendapatkan kepercayaan dari Perusahaan Pengolah ?
Perusahaan pengolah pasti punya standar Perusahaan Agribisnis mana yang bisa bekerjasama dengan merekayang terpenting untuk Perusahaan Agribisnis-nya adalah harus mempunyai produk yang selalu dengan kualitas yang bagus agar Perusahaan pengolah tidak berpindah pada Perusahaan Saingan kita
 
12.Bagaimana cara promosi yang tidak menyedot dana yang besar?
Cara promosi yang tidak akn menyedot dana yang besar adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut atu dengan promosi yang kecil – kecilan tetapi dengan jangkauan daerah yang luas. Lambat laun konsumen akan semakin kenal dengan produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar